8 Habits of Deeply Inspiring People

8 Kebiasaan yang Sangat Menginspirasi.

Pelajaran terbaik ini diperoleh dari film dan fiksi tentang sesuatu hal yang dapat membuat seseorang bagaikan pahawan.

Sesekali dalam hidup, kita melihat seseorang yang sangat menginspirasi dalam kehidupan. Mereka memikat, bercahaya dan begitu menggoda. Apa yang membuat mereka bisa menjadi seperti itu?, Mengapa kita mencari setiap cerita yang mereka tulis, menonton setiap video yang mereka tayangkan, dan mendengarkan semua tumpukan podcast wawancara mereka?

Saya bertanya tentang hal ini setiap hari, alasan saya menulis tentang kemenangan adalah agar saya dapat mempelajari bagaimana menjadi seorang pemenang/pahlawan. Itu adalah satu-satunya jalan agar saya mengerti apa yang dibutuhkan untuk menjadi seperti mereka. Ketika saya membaca buku atau menonton film, saya memperhatikan pilihan-pilihan yang dibuat oleh seorang pahlawan : bagaimana mereka memotivasi diri mereka sendiri, bagaimana mereka tumbuh.

Jadi apa yang membuat seseorang menjadi sangat menginspirasi, berikut adalah 8 kebiasaan yang mereka bagikan, semua diambil dari karakter fiksi.

1. Mereka merasa biasa saja, sama seperti saya dan anda

Apa yang membuat Spiderman menjadi salah satu Pahlawan terhebat sepanjang masa adalah dia tidak pernah meminta pekerjaan menjadi pahlwan itu. Dia hanya seorang remaja normal yang mengejar cinta wanita normal impiannya. Bahkan setelah perubahannya menjadi spiderman, kehidupan Peter Parker masihlah seorang pecundang. Kehidupan Peter Parker berubah ketika dia menerima tanggung-jawab tugasnya. โ€œWith great power comes great responsibility,โ€ ucap pamannya. Orang inspiratif menerima tanggung-jawab besar ketika kehidupan memaksanya begitu, dia tidak lari tapi menerimanya. Meskipun begitu dia masih merasa biasa saja sama seperti orang lain.

2. Mereka mendengar Dunia memanggil mereka.

Dalam video game final fantasy VII Remake, karakter Aerith berbicara kepada tanaman. Berbicara kepada sesuatu selain manusia di planet ini tidak harus terjadi hanya pada cerita fiksi ilmiah. Terkadang saya duduk di bangku taman dan mendengarkan suara pepohonan yang terkena angin (mencari inspirasi). Suatu ketika jika saya merasa mendengar suara-suara mereka, saya akan menulis tentang itu.

Dunia memanggilmu, mungkin itu menarikmu ke sebuah buku tertentu atau memberi peluang baru atau memberi dorongan untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Orang inspiratif tidak mengabaikan dorongan ini, mereka tahu melakukannya hanya akan menyebabkan penyesalan di kemudian hari. Sebaliknya mereka duduk dibangku dan mendengarkan suara-suara itu.

3. Mereka butuh sedikit bantuan untuk meninggalkan zona nyaman – dan mereka mengambilnya.

Jika Hagrid tidak menyeret Harry Potter dari rumah pamannya, dia tidak akan pernah pergi ke Hogwarts. Tanpa sahabat karibnya Mushu, Mulan tidak akan selamat dari pelatihan prajurit pada hari pertamanya. Tanpa Yinsen, Tony Stark tidak akan menjadi Iron Man.

Manusia tidak dirancang untuk menyelam terlebih dulu dalam petualangan. Kita adalah makhluk yang enggan mengambil resiko. Naluri pertama kita adalah untuk bersembunyi. Bahkan ketika kita tahu itu hal yang benar untuk dilakukan, bertualang ke tempat yang tidak dikenal bisa jadi hal yang menakutkan. Tidaklah mengapa jika kita membutuhkan bantuan dari orang lain, Faktanya orang yang menginspirasi tahu bahwa tidak mungkin berhasil tanpanya.

4. Mereka mengambil lompatan

Luke Skywalker dapat memberi Rey nasihat dari seribu generasi, tapi pada akhirnya, dia harus bertarung sendiri melawan “dark side of the force” untuk mencari tahu dimana jati dirinya berada. Tidak ada orang lain yang melakukan itu untuknya.

Orang yang menginspirasi tidak menghindar dari resiko, bahkan jika itu membutuhkan waktu yang panjang untuk mengumpulkan keberanian mereka. Mereka tahu bahwa meskipun gagal itu menyakitkan, itu masih lebih baik dibanding jika di masa depan nanti kita bertanya-tanya “Bagaimana jika saya dulu blablabla…?”

5. Mereka membangun keberanian dengan menumpuk kemenangan kecil

Kita suka ketika melihat seseorang dengan pemikiran yang brillian di tempat kerja, baik itu Will Hunting yang menulis di papan tulis atau Murphy Cooper yang memecahkan kode pesan perjalanan waktu ayahnya. Kejadian ini menunjukkan kepada kita bahwan kemenangan kecil itulah yang mengarah kepada terobosan besar.

Apa yang tampak dari luar sebagai prestasi yang mustahil, seringkali merupakan hasil dari perubahan kecil dan bertahap selama bertahun-tahun. Alih-alih berharap untuk terobosan besar, orang yang inspiratif fokus membuat perubahan kecil setiap hari.

6. Mereka tumbuh dari kegagalan

Agar Matrix menemukan bahwa dia adalah “the one” , dia harus mati terlebih dahulu. Batman jatuh dalam perangkap Joker dan kehilangan cinta dalam hidupnya. Orang yang menginspirasi gagal sama seperti orang lain, dan, sering kali mereka jatuh dengan keras.

Tapi mereka tahu kegagalan itu bisa menjadi pelajaran terbesar kita. Orang-orang yang menginspirasi menjadikan kegagalan dirinya sebagai pelajaran dan kegagalan orang lain sebagai wawasan untuk menjalani kehidupannya.

7. Mereka selalu pulang ke rumah

Ketika Harry Potter naik ke Hogwarts Express untuk kembali ke bibi dan pamannya, Hermione bertanya kepadanya apakah rasanya aneh untuk pulang kerumah, Harry menjawab: “Saya tidak benar-benar pulang”, itu karena rumah baru Harry adalah Hogwarts.

Seperti yang dikatakan seniman Marshall Davis Jones: “Rumah bukanlah sesuatu yang kita miliki, Rumah itu adalah sesuatu yang ada pada diri kita.

Rumah bisa menjadi tempat pemulihan, kenyamanan, keakraban, dan kedamaian. Rumah bisa jadi adalah tiga sahabatmu, pasanganmu, atau gubug kecil diantah berantah. Orang yang menginspirasi mengistirahatkan dirinya dengan kembali ke rumah, apakah itu adalah ruang fisik atau bukan.

8. Mereka menyelesaikan masalah yang belum selesai untuk menemukan kedamaian batin.

Dalam film, mengapa sang pahlawan masih melunasi hutang-hutangnya setelah menyelamatkan dunia atau membuat permintaan maaf yang terlambat kepada mantan kekasihnya lama setelah hubungannya berakhir?

Masalah yang belum terselesaikan dapat membuat manusia menjadi gila. Otak kita terhubung untuk mengingatkan kita tentang hal-hal yang belum terselesaikan. Itulah mengapa orang yang menginspirasi mengembangkan cara untuk menanganinya.

Petualangan bisa melelahkan, jadi setiap kali kamu menutup sebuah bab dalam hidupmu, pastikan kamu melakukan evaluasi sebentar, temukan rasa tenang agar kamu bisa melanjutkan bab selanjutnya dalam hidupmu.

Bagikan agar Manfaat

About the author

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page
Share on Social Media