Rahasia Albert Einstein Bisa Belajar Apapun Lebih Cepat

Rahasia Albert Einstein Bisa Belajar Apapun Lebih Cepat

Untuk bisa beradaptasi lebih cepat dalam dunia modern ini, kita harus belajar untuk menjadi lebih efektif dan efisien.

Rahasia Albert Einstein Bisa Belajar Apapun Lebih Cepat

Perjalanan dalam kehidupan ini tidak pernah berhenti, sampai kita mati. Kita terus belajar dan menggunakan keyakinan, prinsip, kebiasaan, dan sistem–secara sadar maupun tidak sadar untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Belajar secara terstruktur dan sistematis dapat mempercepat proses pembelajaran. Ketika kamu sudah bisa menentukan untuk fokus pada suatu skill dan mempelajarinya secara intens, kamu dapat menghemat banyak waktu dalam proses pembelajaran.

Disamping membantu mendukung kariermu, mempelajari skill baru, teknologi baru, bahasa asing, atau menguasai keahlian sampai mahir dapat membantu kamu memegang kendali penuh atas hidupmu dan kemana hidupmu akan kamu tuju kedepannya. Sekarang, lebih dari yang sebelum-sebelumnya, sangatlah penting untuk mengadopsi pola pikir sebagai pelajar seumur hidup.

Kemampuan kamu untuk jadi lebih baik dan lebih cepat dalam belajar dapat meningkatkan prospek masa depan dalam hidup kamu. Mempelajari apapun dengan lebih cepat dapat memberikanmu keuntungan yang lebih baik dalam karir dan membuatmu lebih kompetitif. Usaha dan dedikasimu untuk belajar dapat mengoptimalkan kecerdasan kamu.

Jika kamu bertujuan untuk menguasai suatu hal dengan cepat, kamu dapat belajar dari Albert Einstein–salah satu manusia tercerdas dalam sejarah dunia dan pencipta teori relativitas. Einstein memberikan saran praktis yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat proses belajar kalian.

Albert Einstein : Nikmatilah Proses dalam Belajar.

Rahasia Albert Einstein Bisa Belajar Apapun Lebih Cepat

Penemuan Einstein merevolusi pemahaman kita tentang alam semesta. Menurut Einstein, meningkatkan kapasitas kecerdasanmu seharusnya menjadi hal yang menyenangkan.

Pada tahun 1915, setelah menyelesaikan dua halaman mahakarya-nya (Teori Relativitas Umum) dimana karya ini melambungkan Einstein menuju ke kejayaannya, dia menulis sebuah surat kepada anaknya yang berumur 11 tahun (Hans Albert) yang pernah bermain piano, Einstein berkata :

Ayah sangat senang bahwa kamu menemukan kebahagiaan dengan bermain piano. Piano dan kerajinan seni kayu dalam pandangan ayah adalah hal terbaik yang dapat kamu dipelajari diusiamu ini, lebih baik bahkan dibandingkan dengan di sekolah. Karena hal itulah yang paling cocok dengan anakmuda seperti kamu. Terutama bermain piano yang membuat kamu senang, bahkan jika guru tidak memberikan tugas untuk bermain piano. Itu adalah cara belajar yang paling baik, ketika kamu melakukan sesuatu dengan senang dan menikmati setiap detik dan prosesnya sehingga kamu bahkan tidak sadar bahwa waktu telah berlalu. Ayah terkadang begitu larut dalam pekerjaan sampai ayah lupa untuk makan siang…

Gagasan dari menikmati apa yang kamu pelajari dapat menjadi sulit dilakukan, terutama ketika kamu mencoba untuk menguasai pelajaran yang sulit. Tapi itu seharusnya tidaklah menjadi terlalu sulit jika kita belajar dan bersenang-senang dalam waktu bersamaaan.

Untuk belajar suatu hal dengan cepat dan baik, pilihlah hal yang kamu sukai–jika kamu mempunyai kuasa untuk apa yang akan kamu pelajari. Buatlah proses belajar itu istimewa. Kamu harus bisa untuk menjawab pertanyaan ini “Mengapa saya mempelajari hal ini?”.

Jika kamu harus belajar sesuatu sebagai syarat untuk meningkatkan karirmu, gunakan strategi yang dapat membuat proses belajar itu menyenangkan. Sebagai contoh, jika belajar coding tidak terasa menyenangkan, maka coba lihat manfaat atau hasil kedepan untukmu dari apa yang sedang kamu lakukan saat ini.

Kamu juga dapat mengukur kemajuan dari pembelajaranmu–Catat kemajuan dan gambarkanlah. Kemajuan ini sendiri adalah hadiah yang membuat kamu bersemangat kembali.

Kamu juga dapat menciptakan lingkungan yang membantumu menemukan keadaan flow-kondisi jiwa dimana seseorang melakukan aktivitas secara mendalam dengan perasaan fokus yang penuh energi, dan menikmati segala proses dalam aktivitas tersebut.

Lebih banyak kamu dapat menikmati apa yang kamu pelajari, lebih cepat kamu mungkin akan menguasainya.

Einstein mungkin telah merubah persepsi kita tentang alam semesta tapi ingat bahwa dia melakukan itu dengan senang hati. Einstein menikmati setiap pekerjaan yang dia lakukan dan menemukan flow dalam proses belajar itu. Jadi, ketika kamu nantinya memutuskan untuk mempelajari sesuatu, temukan cara yang menyenangkan untuk belajar hal tersebut.

Bagikan agar Manfaat

About the author

Penulis

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page
Share on Social Media